Apa itu pengembangan perangkat lunak?

Dilangsir dari WartaINET, Pengembangan perangkat lunak mengacu pada serangkaian kegiatan ilmu komputer yang didedikasikan untuk proses pembuatan, perancangan, penerapan, dan perangkat lunak pendukung.”

Perangkat lunak itu sendiri adalah kumpulan instruksi atau program yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Ini tidak tergantung pada perangkat keras dan membuat komputer dapat diprogram. Ada tiga tipe dasar:

Perangkat lunak sistem untuk menyediakan fungsi inti seperti sistem operasi, manajemen disk, utilitas, manajemen perangkat keras, dan kebutuhan operasional lainnya.

Perangkat lunak pemrograman untuk memberikan alat pemrogram seperti editor teks, kompiler, tautan, debugger, dan alat lain untuk membuat kode.

Perangkat lunak aplikasi (aplikasi atau aplikasi) untuk membantu pengguna melakukan tugas. Rangkaian produktivitas kantor, perangkat lunak manajemen data, pemutar media, dan program keamanan adalah contohnya. Aplikasi juga mengacu pada aplikasi web dan seluler seperti yang digunakan untuk berbelanja di Amazon.com, bersosialisasi dengan Facebook atau memposting gambar ke Instagram.

Jenis keempat yang mungkin adalah perangkat lunak tertanam. Perangkat lunak sistem tertanam digunakan untuk mengontrol mesin dan perangkat yang biasanya tidak dianggap sebagai komputer jaringan telekomunikasi, mobil, robot industri, dan lainnya. Perangkat ini, dan perangkat lunaknya, dapat dihubungkan sebagai bagian dari Internet of Things (IoT).

Pengembangan perangkat lunak terutama dilakukan oleh programmer, insinyur perangkat lunak dan pengembang perangkat lunak. Peran ini berinteraksi dan tumpang tindih, dan dinamika di antara mereka sangat bervariasi di seluruh departemen pembangunan dan masyarakat.

Pemrogram, atau pembuat kode, menulis kode sumber ke komputer program untuk tugas-tugas tertentu seperti menggabungkan database, memproses pesanan online, merutekan komunikasi, melakukan pencarian atau menampilkan teks dan grafik. Pemrogram biasanya menafsirkan instruksi dari pengembang perangkat lunak dan insinyur dan menggunakan bahasa pemrograman seperti C++ atau Java untuk melaksanakannya.

Insinyur perangkat lunak menerapkan prinsip-prinsip rekayasa untuk membangun perangkat lunak dan sistem untuk memecahkan masalah. Mereka menggunakan bahasa pemodelan dan alat lain untuk merancang solusi yang sering dapat diterapkan pada masalah secara umum, sebagai lawan hanya memecahkan untuk contoh atau klien tertentu. Solusi rekayasa perangkat lunak mematuhi metode ilmiah dan harus bekerja di dunia nyata, seperti halnya jembatan atau elevator. Tanggung jawab mereka telah berkembang karena produk menjadi semakin cerdas dengan penambahan mikroprosesor, sensor, dan perangkat lunak. Tidak hanya lebih banyak produk yang mengandalkan perangkat lunak untuk diferensiasi pasar, tetapi pengembangan perangkat lunak mereka harus dikoordinasikan dengan pekerjaan pengembangan mekanik dan listrik produk.

Pengembang perangkat lunak memiliki peran yang kurang formal daripada insinyur dan dapat terlibat erat dengan area proyek tertentu termasuk menulis kode. Pada saat yang sama, mereka mendorong keseluruhan siklus pengembangan perangkat lunak termasuk bekerja lintas tim fungsional untuk mengubah persyaratan menjadi fitur, mengelola tim dan proses pengembangan, serta melakukan pengujian dan pemeliharaan perangkat lunak.

Pekerjaan pengembangan perangkat lunak tidak terbatas pada pembuat kode atau tim pengembangan. Profesional seperti ilmuwan, perakit perangkat dan pembuat perangkat keras juga membuat kode perangkat lunak meskipun mereka bukan pengembang perangkat lunak. Juga tidak terbatas pada industri teknologi informasi tradisional seperti perangkat lunak atau bisnis semikonduktor.

Perbedaan penting adalah pengembangan perangkat lunak khusus yang bertentangan dengan pengembangan perangkat lunak komersial. Pengembangan perangkat lunak kustom adalah proses merancang, membuat, menyebarkan, dan memelihara perangkat lunak untuk sekumpulan pengguna, fungsi, atau organisasi tertentu. Sebaliknya, perangkat lunak komersial siap pakai (COTS) dirancang untuk serangkaian persyaratan yang luas, memungkinkannya untuk dikemas dan dipasarkan serta didistribusikan secara komersial.

Leave a Comment