Akord Piano untuk Pemula 5

Dalam pelajaran piano pemula gratis ini, pelajari perbedaan antara akord Mayor dan Minor dan cara memainkannya dengan cepat dan mudah!

Ketika Anda mendengarkan musik piano populer, apa yang menciptakan nada atau suasana dari lagu tersebut? Mengapa beberapa lagu cerah dan ceria, seperti ‘The Yellow Submarine’ dari The Beatles atau ‘When I’m Sixty Four’? Dan mengapa lagu-lagu lain dipenuhi kunci gitar dengan kesedihan dan kesedihan, seperti ‘Yesterday’ The Beatles atau ‘The Fool on the Hill’?

Sebagian besar perbedaan ini disebabkan oleh penggunaan umum akord Mayor dalam lagu-lagu ceria, dan akord Minor dalam lagu-lagu sedih.

Akord Mayor dan Minor Dasar hanyalah tiga nada yang dimainkan bersama. Jadi sangat menarik bahwa perbedaan nada yang dramatis ini, antara akord Mayor dan akord Minor, dicapai hanya dengan sedikit penyesuaian salah satu dari tiga nada dalam akord!

Cara Membuat Akor Minor dari Akor Mayor

Untuk menyusun akord Minor, Anda mengambil akord Mayor yang sesuai dan cukup turunkan nada tengah dengan satu setengah langkah atau seminada.

Pada piano atau keyboard Anda, tuts yang berbatasan langsung satu sama lain adalah satu setengah langkah atau satu seminada terpisah. Catatan yang berdekatan dapat berupa hitam atau putih. Jadi untuk menurunkan nada dengan satu setengah langkah atau seminada, Anda cukup turun ke tuts piano berikutnya yang berdekatan di sebelah kiri.

Misalnya jika Anda menurunkan nada berikut dengan satu setengah langkah:

— F# menjadi F,

— A menjadi Ab,

— C menjadi B, dan

— F menjadi E

Mari Kita Lihat Contoh

Kami melihat dalam artikel kami di seri ini tentang cara bermain ‘Away in a Manger’, bahwa:

— akord D Major adalah: DF# A.

Untuk menemukan akord D Minor, turunkan nada tengah dari akor D Mayor dengan satu setengah langkah atau seminada dari F# ke F. Oleh karena itu,

— akord D Minor adalah: DF A.

Mainkan kedua akord ini satu demi satu dan dengarkan betapa berbedanya nada mereka!

Akord diwakili oleh simbol akord dalam buku-buku musik piano populer. Berikut adalah simbol akord untuk kedua akord tersebut:

— D Kunci utama: D

— D Akord minor: Dm

Bagaimana Dengan Semua Jenis Akord Lainnya?

Jika Anda melihat dalam buku musik populer, seperti salah satu dari seri Buku Palsu Hal Leonard, Anda akan melihat banyak jenis akord lain yang digunakan dalam pengiring. Ini termasuk akord Ketujuh, akord Keenam, akord Diminished, akord Augmented dan akord Suspended.

Dengan cara yang mirip dengan hubungan antara akord Mayor dan Minor, semua jenis akord lainnya ini memiliki hubungan sederhana satu sama lain. Sangat mudah untuk belajar memainkan semua jenis akord ini tanpa membaca skor musik yang rumit, menghafal sejumlah besar akord individu atau menghitung baris setengah langkah atau seminada yang tak ada habisnya.

Setelah Anda memahami kunci sederhana yang membuka berbagai macam akord piano, Anda dapat mempelajari teknik penghias yang indah untuk akord ini. Kemudian Anda dapat membuat pengiring unik Anda sendiri untuk gaya musik populer favorit Anda – dengan mudah!

 

 

Leave a Comment