7 Cara Memperbaiki PIN Windows Tidak Berfungsi Di Windows 10

Apakah Windows 10 tidak mengizinkan Anda masuk, meskipun Anda memasukkan PIN yang benar? Berikut cara memperbaikinya.

Menggunakan Windows Hello PIN membuat login ke akun pengguna Anda menjadi mudah. Namun, Anda mungkin mengalami masalah di mana Windows memberi tahu Anda bahwa PIN Anda salah setelah Anda memasukkan yang benar.

Kesalahan ini terutama terjadi ketika folder Ngc Anda rusak, tetapi dalam beberapa kasus, masalahnya mungkin lebih parah dan memerlukan pemecahan masalah yang lebih mendalam. Jika PIN Anda tidak berfungsi di komputer Anda, berikut efyei.com memberikan beberapa langkah untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Pastikan Anda Tidak Memasukkan PIN yang Salah

Anda bisa saja memasukkan PIN yang salah, yang merupakan kemungkinan penyebab pertama PIN Anda tidak berfungsi. Untuk menghilangkan kemungkinan ini, setel ulang PIN Anda sekali.

Komputer Anda harus terhubung ke koneksi internet aktif untuk mengatur ulang PIN Anda. Oleh karena itu, nyalakan komputer Anda dan pastikan internet terhubung. Untuk mengatur ulang PIN Anda, buka halaman login profil dan klik Saya lupa PIN saya.

Anda dapat mengatur ulang PIN dengan memverifikasi identitas Anda dengan kata sandi akun Microsoft Anda atau memilih opsi masuk alternatif dengan mengeklik Kirim kode, yang mengirimkan kode ke alamat email Anda.

Jika Anda memilih opsi terakhir, masukkan kode yang Anda terima melalui email dan klik Lanjutkan . Windows akan mengarahkan Anda untuk memasukkan PIN baru di sini, jadi masukkan, konfirmasikan sekali, dan klik OK .

Nyalakan kembali komputer Anda sekali lagi, tambahkan PIN baru Anda di layar masuk dan coba masuk lagi untuk memastikan PIN yang salah tidak memungkinkan Anda masuk ke komputer sebelumnya. Anda baik untuk pergi jika Anda dapat login kali ini – jangan lupa PIN baru Anda.

Jika PIN kembali tidak berfungsi setelah mengatur ulang dan ketika Anda yakin bahwa PIN yang Anda masukkan benar, sistem operasi Anda yang harus disalahkan.

Untuk menyelidiki lebih lanjut, setel ulang PIN agar Anda dapat masuk sementara ke komputer atau masuk menggunakan opsi masuk lain, seperti menggunakan kata sandi untuk akun Microsoft Anda.

Setelah Anda masuk ke akun Anda, langkah pertama Anda harus menghapus folder Ngc.

2. Hapus Folder Ngc di Windows

Windows menyimpan semua pengaturan terkait PIN Anda di folder ini, jadi jika OS tidak menerima PIN Anda, yang benar, Anda harus menghapus folder ini. Proses ini akan menghapus semua data terkait PIN dari OS. Anda kemudian dapat mengatur PIN baru, yang seharusnya berfungsi dengan baik.

Anda dapat menghapus folder Ngc dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun administrator Anda.
  2. Arahkan ke C: drive > Windows> ServiceProfiles > LocalService > AppData > Local > Microsoft .
  3. Temukan folder Ngc, klik kanan padanya, dan tekan Delete .

Arahkan ke Pengaturan> Akun> Opsi masuk untuk mengatur PIN baru setelah menghapus yang lama. Setelah itu, klik pada Windows Hello PIN , tambahkan PIN baru, dan semoga PIN tersebut akan mulai berfungsi di sistem operasi Anda.

Jika perbaikan ini juga tidak menyelesaikan masalah, itu terletak di tempat lain yang perlu diselidiki lebih lanjut.

3. Singkirkan Masalah Khusus Akun Pengguna

Saat memecahkan masalah PIN, penting untuk mengesampingkan masalah khusus akun terlebih dahulu. Untuk memulainya, periksa apakah masalahnya tidak berlanjut pada satu akun Microsoft. Cara terbaik untuk mengonfirmasi ini adalah dengan beralih ke akun lokal. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Pengaturan Windows.
  2. Buka Akun.
  3. Navigasikan ke Info Anda di bilah sisi kiri.
  4. Klik Masuk dengan akun lokal sebagai gantinya .
  5. Klik Berikutnya.
  6. Masukkan PIN Anda.
  7. Siapkan akun lokal Anda dengan menambahkan nama pengguna dan kata sandi Anda.
  8. Setelah selesai, tekan Next.
  9. Klik Sign out dan selesai .

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan kembali ke layar login. Ketikkan PIN Anda lagi untuk mengonfirmasi bahwa itu berfungsi. Jika ya, akun Microsoft Anda yang harus disalahkan. Membuat akun pengguna lain dan memeriksa apakah PIN berfungsi di sana dapat membantu mengonfirmasi itu.

Oleh karena itu, jika masalah berasal dari akun pengguna Microsoft Anda, Anda harus menyalin file Anda ke akun baru dan mulai menggunakan akun baru secara permanen.

Jika PIN tidak berfungsi di akun mana pun, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.

4. Tweak Pengaturan Masuk PIN di Editor Kebijakan Grup

Ketika pengaturan masuk PIN praktis di Editor Kebijakan Grup dinonaktifkan, PIN tidak akan berfungsi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa itu tidak menyebabkan masalah saat masuk.

Namun, beberapa versi Windows mungkin tidak memiliki fitur ini. Jika ini berlaku untuk Anda juga, lewati langkah ini.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyesuaikan pengaturan di Editor Kebijakan Grup:

  1. Cari aplikasi Run di bilah pencarian Windows.
  2. Ketik “gpedit.msc” dan klik OK.
  3. Arahkan ke Template Administratif > Sistem > Logon.
  4. Di panel sebelah kanan, cari dan klik dua kali pada Turn on convenience PIN sign-in setting .
  5. Centang kotak Diaktifkan, klik Terapkan , dan tekan OK .

Jika pengaturan sudah diaktifkan, lanjutkan untuk menerapkan perbaikan yang tersisa.

5. Perbarui atau Turunkan OS Anda

Menurut pembantu dukungan Microsoft, salah satu kemungkinan penyebab PIN tidak berfungsi pada Windows mungkin pembaruan terbaru. Jika Anda ingat melakukan pembaruan baru-baru ini, Anda perlu mengembalikan pembaruan.

Sebaliknya, jika Anda tidak memperbarui komputer untuk waktu yang cukup lama, mungkin masalahnya berasal dari OS Windows yang sudah ketinggalan zaman. Dalam hal ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui komputer Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan Windows.
  2. Pergi ke Perbarui & Keamanan .
  3. Arahkan ke Pembaruan Windows di bilah sisi kiri.
  4. Klik pada kotak Periksa pembaruan .

Windows akan secara otomatis memeriksa pembaruan terbaru dan memperbarui sendiri jika perlu. Setelah OS Anda diperbarui, coba masuk lagi dengan PIN Anda jika berhasil kali ini.

Jika masalah berlanjut, jalankan pemindaian malware untuk mengesampingkan kemungkinan gangguan malware.

6. Matikan Antivirus Anda dan Jalankan Pemindaian Malware

Kemungkinan gangguan dari antivirus juga dapat menyebabkan PIN Anda ditolak. Oleh karena itu, matikan sementara untuk memastikan bukan itu masalahnya. Setelah itu, jalankan pemindaian offline Microsoft Defender untuk menemukan malware tersembunyi.

7. Jalankan Pemindaian SFC

Saat Anda menghapus malware dari komputer Anda, pastikan itu tidak merusak file Windows apa pun yang mungkin menyebabkan masalah yang dihadapi.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menjalankan pemindaian SFC. Pemindaian secara otomatis mencari file yang rusak dan menggantinya dengan salinan cache.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjalankan pemindaian:

  1. Ketik “cmd” di bilah pencarian Windows.
  2. Klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan klik Run as administrator .
  3. Ketik “SFC / scannow” dan tekan Enter.

PIN Masih Tidak Berfungsi di Windows?

Setelah Anda mencoba semua perbaikan yang tercantum di atas dan masalah berlanjut, pertimbangkan untuk memulihkan komputer Anda ke titik sebelumnya di mana PIN berfungsi dengan baik. Jika itu juga tidak menyelesaikan masalah, yang terbaik adalah mengatur ulang pabrik komputer Anda sebagai upaya terakhir.

Leave a Comment